Selasa, 30 September 2014

Latihan Rutin Pramuka 26 September 2014


Journal Writing




Hari/tanggal               : Jum’at, 26-09-2014

Perihal                       :  Latihan Rutin Pramuka

Penulis                       : Firman Agung Nugroho


Salam Pramuka…!

Apa kabar adik-adik dan kakak-kakak Pramuka ?. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Ini… Kakak Krani ini akan menceritakan kembali kegiatan latihan rutin pramuka tanggal 26 September 2014. Siapa sih yang ga tau Kakak Krani SMA 3 Kuningan yang gagah dan ganteng ?. Ya pasti siapa lagi kalo buan Kak Firman. Barang kali ada yang ingin mengulang cerita tentang kegiatan latihan rutin pramuka, silahkan adik-adik dan kakak-kakak simak bersama.

Hari Jum’at tanggal 26 September 2014, latihan rutin dimulai pada jam 01:00 WIB, langsung melaksanakan upacara. Setelah upacara seperti biasanya yang selalu membuat para adik-adik bulu kuduknya berdiri, yaitu Inspeksi. Yaaah…. memang, Inspeksi diibaratkan seperti suatu hukuman bagi yang melanggar aturan, padahal Inspeksi merupakan cara untuk menilai diri apakah kita mematuhi aturan atau tidak, seperti yang diajarkan dalam Kepramukaan. Apabila kita mematuhi aturan kitu, kita mendapat ketenangan hati (aman), tetapi kalau kita melanggar aturan itu, kita harus siap menghadapi konsekuensinya . Aturan tersebut juga untuk kebaikan kita juga. Setelah itu langsung mulai pada acara intinya yaitu praktek teknik kepramukaan. Tekniknya adalah Pioneering, Semaphore, dan Peraturan Baris-Berbaris (PBB). Tiap teknik dipegang oleh 5 atau 6 Kakak Bantara, dan tiap kelompok dipegang oleh 1 Kakak Bantara.

Untuk yang mengajar Pioneering adalah Kak Meli, Kak Yanka, Kak Setia, Kak Ikhsan, dan Kak Nandio, dan Kak Azhar.

Untuk yang mengajar Semaphore adalah Kak Nisa, Kak Annida, Kak Lusy, Kak Felia, Kak Widianti, dan Kak Reni.

Untuk yang mengajar PBB adalah Kak Dea, Kak Rai, Kak Chika, Kak Intan, Kak Enok.

Selain itu juga terdapat Kak Shella, Kak Risma, Kak Dian Ayu yang setia menemani para adik-adik kelas yang sakit. Semoga cepat sembuh ya adik… Setelah pembelajaran satu teknik selesai Kakak Bantara akan mengganti kelompok-kelompok yang telah belajar salah satu teknik.

Naaah… Kak Firman tugasnya apa ?. Nah terus yang rajin dan baik hati merangkum kegiatan kepramukaan itu siapa ? Masa Mang Udin. Setelah itu karena memang sudah waktunya, maka semua adik-adik dipesilahkan untuk meninggalkan lapangan menuju kelas untuk makan, untuk menambah tenaga yang sudah hilang. “Makan Kak Minum Kak Makan Minum”. Bagi yang beragama Islam dipersilahkan untuk sholat Ashar. Setelah itu kembali ke kelas untuk pengambilan uang kas dan bawang yang sebelumnya sudah ditugaskan. Karena sudah borink maka Kakak Bantara memutuskan untuk bermain permainan bersama adik-adik, seru atau tidaknya itu tergantung kepada masing-masing. Ibarat jika lidah sakit, maka makanan seenak apapun seperti Pizza, Hamburger, Sorabi, dan Pia-pia akan terasa hambar. Setelah itu, karena sudah terlalu sore, maka tidak melaksanakan upacara penutupan dan langsung berdo’a di kelas saja. Kalo sudah yang namanya pulang pasti pada bahagia, jangankan adik-adik, pemimpin se-jagad raya juga akan senang kalo sudah pulang dari pekerjaannya ke rumah bertemu orang-orang yang di sayanginya.

Begitulah cerita tentang latihan rutin pramuka tanggal 26 September 2014. Mungkin ada kata-kata yang menyinggung, oleh karena itu Kakak meminta maaf dan Terima Kasih atas perhatiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger